Minggu, 17 Januari 2021

Artificial Intellegance : Definisi & Bidangnya Menurut Pohon AI

Artificial Intellegance : Definisi + Bidang-Bidangnya Menurut Pohon AI
By Muhammad_Hamzani_Wahid
Gambar 1 : Definisi AI
Sumber : www.freepik.com

Halo para penggemar tekno. Kali ini kita akan membahas tentang Artificial Intellegance atau yang lazim di kenal dengan istilah AI. Ternyata selama ini sudah kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Dimana itu ? Tentunya di HP android ataupun Apple IOS sudah dari dulu tertanam AI yaitu asisten google & siri. Mau tau lebih lanjut simak artikelnya.

A. Definisi Kecerdasan Buatan ( Artificial Intellegance )
Apa sih itu AI ? Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yaitu kecerdasan buatan.

Berikut ini adalah definisi kecerdasan buatan menurut para ahli:

John McCarthy, 1956

Kecerdasan buatan adalah usaha memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.

Herbert Simon, 1987

Kecerdasan buatan adalah tempat suatu penelitian, aplikasi dan instrusksi yang terkait dengan pemrograman komputer dalam melakukan suatu hal yang menurut pandangan manusia ⎼ cerdas.

Rich dan Knight, 1991

Kecerdasan buatan adalah suatu studi mengenai bagaimana membuat komputer mampu melakukan hal-hal yang pada saat ini masih bisa dilakukan lebih baik oleh manusia.

Kesimpulan Saya :
Kecerdasan buatan ( AI ) adalah teknologi canggih ( program ) yang dibuat untuk menirukan kecerdasan manusia dalam berfikir, beradaptasi, belajar, menyelesaikan aritmatika, dll.

B. Bidang Kecerdasan Buatan ( AI ) Menurut Pohon AI

Gambar 2 : Pohon AI
Sumber : pbsabn.lecture.ub.ac.id

1. Sistem Pakar (Expert Systems)
Yaituu program konsultasi (advisory) yang mencoba menirukan proses penalaran seorang pakar/ahli dalam memecahkan masalah yang rumit.

2. Case Based Reasoning (CBR). 
CBR adalah suatu pendekatan untuk mendapatkan solusi dengan menggunakan acuan solusi problem-problem terdahulu untuk memecahkan problem yang baru.

3. Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing) 
Yaitu program yang memberi kemampuan pada komputer untuk berkomunikasi dengan user dengan menggunakan bahasa manusia yang alami seperti dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jepang atau yang lainnya. 

4. Voice Recognition (Pengenalan Suara)
Voice recognition adalah teknik agar komputer dapat mengenali dan memahami bahasa ucapan. Proses ini mengijinkan seseorang berkomunikasi dengan komputer dengan cara berbicara kepadanya.

5. Sistem Sensor dan Robotika.
Robot merupakan gabungan dari unsur sperti: sistem mekanis, sistem visi dan pencitraan, dan sistem pengolahan sinyal. Sebuah robot, yaitu perangkat elektromekanik yang diprogram untuk melakukan tugas manual, tidak semuanya merupakan bagian dari AI.

6. Intelligent Tutoring/Intelligent Computer-Aided Instruction (CAI)
CAI adalah komputer yang mampu mengajari manusia. Belajar melalui komputer sudah lama digunakan, namun dengan menambahkan aspek kecerdasan di dalamnya, dapat tercipta komputer “guru” yang dapat mengatur teknik pengajarannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan “murid” secara individiual.

7. Artificial Neural Network (ANN)
ANN merupakan jaringan saraf tiruan, suatu teknologi informasi yang meniru unsur biologi manusia seperti otak dan sistem saraf. ANN mampu belajar seperti seorang bocah, jadi dari tidak tahu sama sekali menjadi tahu sekali, melalui proses pembelajaran.

8. Game Playing (GP, Permainan Game)
GP dirancang supaya dapat melakukan evaluasi/pencarian solusi ke depan dari posisi awal sampai posisi yang menuju kemenangan. GP yang populer adalah Deep Thought dari IBM, program catur yang dipertandingkan melawan Grand Master Anatoly Karpov dengan hasil remis, luar biasa: suatu software komputer dapat bermain remis dengan seorang professor catur!

9. Fuzzy Logic (Logika Fazi)
Kata fazi berarti kabur atau samar-samar. Logika fuzzy merupakan suatu cabang logika yang menggunakan derajat keanggotaan kebenaran (dari nol sampai dengan satu). Dengan menggunakan sistem inferensi Fuzzy yang didasarkan pada konsep teori fuzzy, aturan fuzzy if-then, dan logika fuzzy, maka diperoleh solusi yang baik dan yang mampu mengikuti perubahan variabel bebas secara halus sekali.

10. Genetic Algorithm (GA, Algoritma Genetika)
Algoritma genetika adalah algoritma pencarian heuristik yang didasarkan atas mekanisme evolusi biologis. Prinsip evolusi berbasis “survival of the fittest” (yang menang/bertahan adalah yang kuat/mampu menyesuaikan diri) dimanfaatkan dalam GA. 

11. Image & Vision System
Adalah AI yang akan mengenali serta membedakan satu objek dengan yang lainnya bahkan gerakan dari suatu objek dan mengevaluasi bentuk (halus, kasar, mengkilap, transparan, dan lain sebagainya). Tujuan utama dari komputer visi adalah untuk menerjemahkan suatu pemandangan/citra. 

Sumber :
https://m.medcom.id/amp/wkB7qzgK-kecerdasan-buatan-pendukung-penting-layanan-digital

https://www.dicoding.com/blog/kecerdasan-buatan-adalah/

Mei,  2012 "Bidang Aplikasi Artificial Intelligence". Penerbit : pbsabn.lecture.ub.ac.id












0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Artificial Intellegance : Definisi & Bidangnya Menurut Pohon AI

Artificial Intellegance : Definisi + Bidang-Bidangnya Menurut Pohon AI By Muhammad_Hamzani_Wahid Gambar 1 : Definisi AI Sumber :...